Yuk kenalan lebih dekat dengan "Digital Marketing"
Dimasa Pandemi sekarang
ini membuat kita semua harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.Tidak
hanya dalam hal berinteraksi saja yang dibatasi.Tetapi juga para pelaku usaha
mengalami dampaknya yaitu bagaimana menyesuaikan dalam berbisnis agar tetap
bisa bertahan dan berkembang.Hal itu menyebabkan pola pemasaran usaha ikut
berubah,karena beberapa konsumen terbatas untuk mengakses media pemasaran maupun
promosi membuat para wirausahawan harus berpikir bagaimana tetap bisa
memasarkan barang atau jasa mereka ke konsumen dengan memanfaatkan digital
marketing,dengan itu pemasaran dapat dilakukan danmasyarakat dapat mengaksesnya
di rumah dengan hanya memanfaatkan smartphone dan internet.
Pada umumnya sebuah
bisnis mempunyai target pasar yang harus dicapai.Oleh karena itu sangat banyak berbagai
macam teknologi digital yang digunakan perusahaan dan marketer untuk
menyampaikan pesan terhadap target pasar bisnis mereka.Dalam bisnis,teknik
pemasaran merupakan hal yang paling wajib dilakukan.Di mana dengan adanya
pemasaran, maka peminat produk bisnis anda menjadi semakin banyak. Dengan
adanya teknologi yang berupa media online, tentu untuk melakukan pemasaran
menjadi semakin mudah. Semua itu bisa tercapai dengan cepat dengan
kehadiran digital Marketing.Seperti yang diketahui digital marketing adalah cara
untuk mempromosikan merk maupun produk
secara online dan melalu kanal digital lainnya. Digital
marketing menjadi salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh
berbagai pelaku bisnis maupun perusahaan dalam melakukan promosi di era
Revolusi Industri 4.0.Dimana digital marketing saat
ini berperan penting dalam bisnis modern, karena kehadiran internet yang signifikan
terhadap keputusan beli konsumen serta Internet juga memberi dampak terhadap
bagaimana konsumen membeli produk.
Digital Marketing
sangatlah penting Ketika anda ingin atau mempunyai keinginan untuk merintis
maupun mengembangkan bisnis,Karena dengan terjun didunia digital ini pemasaran
secara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Strategi pemasaran secara
konvensional biasanya menggunakan teknik yang sederhana seperti memanfaatkan
media elektronik seperti radio dan televisi, dan media cetak seperti
iklan yang ada di koran,maupun poster.Cara itu justru membutuhkan banyak biaya,tenaga
maupun waktu yang sering kurang berhasil dan mulai tidak efektif diera sekarang.Walaupun
masih ada yang menggunakan cara-cara tersebut, tetapi cara itu semua sudah
banyak ditinggalkan apalagi karena
munculnya inovasi mengembangkan bisnis dalam teknologi informasi dan komunikasi
yaitu dengan digital marketing melalui media digital seperti Website,Content
Marketing,Instant Messaging Marketing,Social Media Marketing,Affiliate
Marketing,Email Marketing,Pay-Per-Click (PPC),Search Engine Optimization
(SEO),dan Google Ads (Search Engine Marketing)
Perkembangan bisnis
setiap tahunnya terus berkembang ke arah yang lebih positif. Apalagi tren
bisnis baru terus bermunculan seiring perkembangan teknologi, dimana teknologi
membukakan peluang bagi setiap orang untuk merambah bisnis baru.Ketika endapatkan ide
bisnis yang sesuai, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah
menemukan ataupun menyusun strategi terkait bagaimana cara mengembangkan bisnis
tersebut.
Sebagai tahap awal,
berikut 10 tips mengembangkan bisnis yang bisa Anda coba terapkan mulai
sekarang.
1. Buat Rencana
Keuangan Bisnis Untuk Setahun Pertama
Rencanakan seluruh
perkiraan penjualan dan berapa anggaran yang dibutuhkan dalam memenuhinya.Hal
ini sangat penting dalam memulai bisnis, dan juga harus punya “Plan B”
manakala rencana pertama tidak bekerja dengan baik sesuai harapan.
2.Selalu Siap dengan
Hal-Hal yang Tak Terduga
Seperti yang sebelumnya
disebutkan, ada saja hal yang tidak berjalan sesuai rencana dan harapan. Setiap
bisnis baru bisa saja sangat rentan terhadap faktor ekonomi makro hingga
perubahan regulasi pemerintah terhadap ekonomi.Apabila bisnis yang Anda
jalankan tidak lagi sesuai dengan tren maupun tersedia alternatif yang lebih
mudah dibandingkan apa yang ditawarkan, maka Anda harus mempersiapkan strategi
yang baik untuk mencegah hal-hal tak terduga tersebut.
3. Diversifikasi Bisnis
Seperti halnya
berinvestasi,bisnis juga harus menerapkan metode diversifikasi. Usahakan target
penjualan diarahkan ke tipe pelanggan yang bervariasi, sehingga risiko-risiko
tidak lakunya produk bisa diminimalisir.Apabila produk yang ditawarkan
ditujukan secara khusus kepada satu target pelanggan sesuai dengan
demografisnya, bisnis akan mengalami masalah besar apabila target pelanggan
tersebut berpindah haluan ke produk yang lebih cocok bagi mereka.Perlahan
bisnis Anda mulai ditinggalkan. Apabila memiliki produk lain dengan target yang
berbeda, itu artinya Anda masih memiliki ‘alternatif’ pasar yang bisa ditargetkan.
4. Jangan Hanya
Berpangku Pada Satu Vendor/Penyuplai Saja
Banyak bisnis yang
terhambat untuk berkembang karena selama ini hanya mengandalkan satu
vendor/penyuplai saja, teristimewa bila vendor/penyuplai tersebut juga
merupakan UKM.Bila terjadi sesuatu pada vendor/penyuplai Anda maka kegiatan
produksi hingga penjualan akan sangat terhambat, sehingga tentu saja akan
menghambat perkembangan bisnis yang anda miliki.
5. Jangan Sampai
Kehabisan Uang Tunai
Uang tunai merupakan
satu hal signifikan yang harus tersedia setiap waktu. Sekali saja kehabisan
uang tunai, itu artinya kemungkinan besar pembayaran gaji terhadap karyawan
bisa terlambat.Pembayaran vendor/penyuplai juga bisa terganggu sehingga
menurunkan reputasi Anda sebagai sebuah bisnis baru.
6. Kelola Arus Kas Dengan Baik
Pahami dan kelola
sedari awal arus kas bisnis Anda, baik pengeluaran maupun pendapatan. Catat
setiap pengeluaran dan pendapatan dengan baik sedari awal bisnis berjalan.
Dengan menerapkan
beberapa tips mengembangkan bisnis di atas, harapan agar bisnis terus
berkembang menjadi terbuka.
Seperti yang dijelaskan
oleh Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E, M.M bahwasannya digital marketing dapat
dikatakan yaitu bagaimana merancang sebuah rencana bisnis strategis yang
dilakukan agar usaha bisnis yang dilakukan menjadi tumbuh dan berkembang serta
produk menjadi lebih dikenal serta agar bisa bersaing.Semua itu dapat tercapai
dengan menggunakan salah satu strategi atau konsep perencanaan digital
marketing yaitu SOSTAC®, SOSTAC® adalah Merketing Diagram yang disusun serta dirancang
untuk usaha bagi wirausahawan.
SOSTAC® terdiri dari
enam tahap, yaiitu:
· Situation Analysis (Analisis Situasi),Yaitu melakukan
tinjauan terhadap situasi yang ada di sekitar bisnis serta mengevaluasinya
dalam hal Goal performance 5S (Sell, Serve, Speak, Save, and Sizzle) Customer
insight,E-marketplace SWOT,Brand perception,and Internal capabilities and
resources
· Objectives (Tujuan).Yaitu menentukan tujuan
yang akan diraih melalui strategi digital marketing.Selanjutnya melakukan
pengembangan dalam 5S yaitu Sell( customer acquisition and retention targets),Serve
(customer satisfaction targets),
Sizzle(site stickiness and visit
duration),Speaak(trialogue; number of engaged customers),and Save(quantified
efficiency gains).
· Tactics (Taktik). Yaitu
membuat taktik sebagai turunan detail oleh masing-masing strategi yang telah
direncanakan dengan cara E-marketing mix, including the communications mix
and social networking,Details of contact strategy,E- campaign initiative
schedule
· Actions (Aksi).
Yaitu menetapkan hal yang berkaitan seperti penanggungjawab, waktu pelaksanaan,
serta tindakan terhadap strategi yang telah direncanakan.
· Control (Kontrol).
Yaitu
memastikan semua langkah yang sudah dilakukan cukup untuk memenuhi
target dan khususnya untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan
cara 5Ss + web analytics + KPI (Key Performance Indicator),Usability
testing/mystery shopper,Customer satisfaction surveys,Site visitor profiling,Frequency
of reporting and Process of reporting and actions.
Dari semua penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa
pentingnya digital marketing dilibatkan dalam dunia bisnis.Salah satu manfaat
menggunakan digital marketing dengan efektif yaitu sebagai sarana untuk
meningkatkan penjualan.Apalagi dimasa pandemic sekarang,digital marketing
sangat penting agar bisnis anda semakin berkembang dan dikenal.
*Mahasiswa Program
Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta*
Semangat, artikelnya bagus
BalasHapusSangat bagus dan bermanfaat buat orang banyak 👍
BalasHapusArtikelnya bermanfaat dengan materi pembahasan yang menarik
BalasHapusArtikel nya keren bermanfaat
BalasHapusArtikelnya sangat informatif 👍
BalasHapusartikelnya bermanfaat sekali
BalasHapusArtikelnya informatif menambah wawasan
BalasHapusAtrikelnya sangat bermanfaat
BalasHapus