Yuk kenalan lebih dekat dengan "Digital Marketing"

 


Dimasa Pandemi sekarang ini membuat kita semua harus beradaptasi dengan perubahan yang terjadi.Tidak hanya dalam hal berinteraksi saja yang dibatasi.Tetapi juga para pelaku usaha mengalami dampaknya yaitu bagaimana menyesuaikan dalam berbisnis agar tetap bisa bertahan dan berkembang.Hal itu menyebabkan pola pemasaran usaha ikut berubah,karena beberapa konsumen terbatas untuk mengakses media pemasaran maupun promosi membuat para wirausahawan harus berpikir bagaimana tetap bisa memasarkan barang atau jasa mereka ke konsumen dengan memanfaatkan digital marketing,dengan itu pemasaran dapat dilakukan danmasyarakat dapat mengaksesnya di rumah dengan hanya memanfaatkan smartphone dan internet.

Pada umumnya sebuah bisnis mempunyai target pasar yang harus dicapai.Oleh karena itu sangat banyak berbagai macam teknologi digital yang digunakan perusahaan dan marketer untuk menyampaikan pesan terhadap target pasar bisnis mereka.Dalam bisnis,teknik pemasaran merupakan hal yang paling wajib dilakukan.Di mana dengan adanya pemasaran, maka peminat produk bisnis anda menjadi semakin banyak. Dengan adanya teknologi yang berupa media online, tentu untuk melakukan pemasaran menjadi semakin mudah. Semua itu bisa tercapai dengan cepat dengan kehadiran digital Marketing.Seperti yang diketahui digital marketing adalah cara untuk mempromosikan merk maupun produk  secara online dan melalu kanal digital lainnya. Digital marketing menjadi salah satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh berbagai pelaku bisnis maupun perusahaan dalam melakukan promosi di era Revolusi Industri 4.0.Dimana digital marketing saat ini berperan penting dalam bisnis modern, karena kehadiran internet yang signifikan terhadap keputusan beli konsumen serta Internet juga memberi dampak terhadap bagaimana konsumen membeli produk.

Digital Marketing sangatlah penting Ketika anda ingin atau mempunyai keinginan untuk merintis maupun mengembangkan bisnis,Karena dengan terjun didunia digital ini pemasaran secara konvensional sudah mulai ditinggalkan. Strategi pemasaran secara konvensional biasanya menggunakan teknik yang sederhana seperti memanfaatkan media elektronik seperti  radio dan televisi, dan media cetak seperti iklan yang ada di koran,maupun poster.Cara itu justru membutuhkan banyak biaya,tenaga maupun waktu yang sering kurang berhasil dan mulai tidak efektif diera sekarang.Walaupun masih ada yang menggunakan cara-cara tersebut, tetapi cara itu semua sudah banyak ditinggalkan apalagi  karena munculnya inovasi mengembangkan bisnis dalam teknologi informasi dan komunikasi yaitu dengan digital marketing melalui media digital seperti Website,Content Marketing,Instant Messaging Marketing,Social Media Marketing,Affiliate Marketing,Email Marketing,Pay-Per-Click (PPC),Search Engine Optimization (SEO),dan Google Ads (Search Engine Marketing)

Perkembangan bisnis setiap tahunnya terus berkembang ke arah yang lebih positif. Apalagi tren bisnis baru terus bermunculan seiring perkembangan teknologi, dimana teknologi membukakan peluang bagi setiap orang untuk merambah bisnis baru.Ketika endapatkan ide bisnis yang sesuai, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menemukan ataupun menyusun strategi terkait bagaimana cara mengembangkan bisnis tersebut.

Sebagai tahap awal, berikut 10 tips mengembangkan bisnis yang bisa Anda coba terapkan mulai sekarang.

1. Buat Rencana Keuangan Bisnis Untuk Setahun Pertama

Rencanakan seluruh perkiraan penjualan dan berapa anggaran yang dibutuhkan dalam memenuhinya.Hal ini sangat penting dalam memulai bisnis, dan juga harus punya “Plan B”  manakala rencana pertama tidak bekerja dengan baik sesuai harapan.

2.Selalu Siap dengan Hal-Hal yang Tak Terduga

Seperti yang sebelumnya disebutkan, ada saja hal yang tidak berjalan sesuai rencana dan harapan. Setiap bisnis baru bisa saja sangat rentan terhadap faktor ekonomi makro hingga perubahan regulasi pemerintah terhadap ekonomi.Apabila bisnis yang Anda jalankan tidak lagi sesuai dengan tren maupun tersedia alternatif yang lebih mudah dibandingkan apa yang ditawarkan, maka Anda harus mempersiapkan strategi yang baik untuk mencegah hal-hal tak terduga tersebut.

3. Diversifikasi Bisnis

Seperti halnya berinvestasi,bisnis juga harus menerapkan metode diversifikasi. Usahakan target penjualan diarahkan ke tipe pelanggan yang bervariasi, sehingga risiko-risiko tidak lakunya produk bisa diminimalisir.Apabila produk yang ditawarkan ditujukan secara khusus kepada satu target pelanggan sesuai dengan demografisnya, bisnis akan mengalami masalah besar apabila target pelanggan tersebut berpindah haluan ke produk yang lebih cocok bagi mereka.Perlahan bisnis Anda mulai ditinggalkan. Apabila memiliki produk lain dengan target yang berbeda, itu artinya Anda masih memiliki ‘alternatif’ pasar yang bisa ditargetkan.

4. Jangan Hanya Berpangku Pada Satu Vendor/Penyuplai Saja

Banyak bisnis yang terhambat untuk berkembang karena selama ini hanya mengandalkan satu vendor/penyuplai saja, teristimewa bila vendor/penyuplai tersebut juga merupakan UKM.Bila terjadi sesuatu pada vendor/penyuplai Anda maka kegiatan produksi hingga penjualan akan sangat terhambat, sehingga tentu saja akan menghambat perkembangan bisnis yang anda miliki.

5. Jangan Sampai Kehabisan Uang Tunai

Uang tunai merupakan satu hal signifikan yang harus tersedia setiap waktu. Sekali saja kehabisan uang tunai, itu artinya kemungkinan besar pembayaran gaji terhadap karyawan bisa terlambat.Pembayaran vendor/penyuplai juga bisa terganggu sehingga menurunkan reputasi Anda sebagai sebuah bisnis baru.

 6. Kelola Arus Kas Dengan Baik

Pahami dan kelola sedari awal arus kas bisnis Anda, baik pengeluaran maupun pendapatan. Catat setiap pengeluaran dan pendapatan dengan baik sedari awal bisnis berjalan.

Dengan menerapkan beberapa tips mengembangkan bisnis di atas, harapan agar bisnis terus berkembang menjadi terbuka.

Seperti yang dijelaskan oleh Terrylina Arvinta Monoarfa, S.E, M.M bahwasannya digital marketing dapat dikatakan yaitu bagaimana merancang sebuah rencana bisnis strategis yang dilakukan agar usaha bisnis yang dilakukan menjadi tumbuh dan berkembang serta produk menjadi lebih dikenal serta agar bisa bersaing.Semua itu dapat tercapai dengan menggunakan salah satu strategi atau konsep perencanaan digital marketing yaitu SOSTAC®, SOSTAC® adalah Merketing Diagram yang disusun serta dirancang untuk usaha bagi wirausahawan.

SOSTAC® terdiri dari enam tahap, yaiitu:

·      Situation Analysis (Analisis Situasi),Yaitu melakukan tinjauan terhadap situasi yang ada di sekitar bisnis serta mengevaluasinya dalam hal Goal performance 5S (Sell, Serve, Speak, Save, and Sizzle) Customer insight,E-marketplace SWOT,Brand perception,and Internal capabilities and resources

·  Objectives (Tujuan).Yaitu menentukan tujuan yang akan diraih melalui strategi digital marketing.Selanjutnya melakukan pengembangan dalam 5S yaitu Sell( customer acquisition and retention targets),Serve (customer satisfaction targets),

Sizzle(site stickiness and visit duration),Speaak(trialogue; number of engaged customers),and Save(quantified efficiency gains).

·       Tactics (Taktik). Yaitu membuat taktik sebagai turunan detail oleh masing-masing strategi yang telah direncanakan dengan cara E-marketing mix, including the communications mix and social networking,Details of contact strategy,E- campaign initiative schedule

·       Actions (Aksi). Yaitu menetapkan hal yang berkaitan seperti penanggungjawab, waktu pelaksanaan, serta tindakan terhadap strategi yang telah direncanakan.

·       Control (Kontrol). Yaitu  memastikan semua langkah yang sudah dilakukan cukup untuk memenuhi target dan khususnya untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan dengan cara 5Ss + web analytics + KPI (Key Performance Indicator),Usability testing/mystery shopper,Customer satisfaction surveys,Site visitor profiling,Frequency of reporting and Process of reporting and actions.

Dari semua penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa pentingnya digital marketing dilibatkan dalam dunia bisnis.Salah satu manfaat menggunakan digital marketing dengan efektif yaitu sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan.Apalagi dimasa pandemic sekarang,digital marketing sangat penting agar bisnis anda semakin berkembang dan dikenal.

 

 *Mahasiswa Program Studi Akuntansi (D3) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta*

 

 

 

 

8 Komentar untuk "Yuk kenalan lebih dekat dengan "Digital Marketing""

Iklan 1

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel